Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage)

Hardianti, Risa (2017) Motivasi Konsumsi Media Online Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Di Kalangan Generasi Millennial (Penelaahan Teori Uses And Gratification Pada Portal Berita Idntimes.Com Terhadap Pembaca Idntimes.Com Di Facebook Fanpage). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Saat ini media online menjadi alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayak. Khalayak yang saat ini menjadi peran yang sangat penting pada media massa adalah generasi Millennial’s khususnya mahasiswa. Penelitian ini dibuat untuk mencari informasi yang khalayak inginkan dan memperoleh suatu pemenuhan kebutuhan atas informasi yang disajikan oleh media massa terutama pada portal berita IDNtimes.com. Khalayak mahasiswa memiliki motivasi konsumsi yang berbeda-beda dalam menggunkan media massa, penelitian ini untuk memenuhi kebutuhan informasi khalayak mahasiswa mengenai informasi yang diberikan oleh portal berita IDNtimes.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan antara motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi di kalangan mahasiswa setelah mengakses portal berita IDNtimes.com. Dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications, variabel penelitian ini dengan menggunakan gratification sought dan gratification obtained. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat jenis penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan adalah korelasional, ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan beberapa variabel lainnya. Peneliti menyebar kuesioner kepada 100 orang mahasiswa pada followers facebook fanpage IDNtimes.com. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah Purposive Sampling. Hasil dari data yang dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner melalui facebook lalu dilakukan analisi menggunakan uji statistik untuk membandingkan hasil Gratification Sought yang dicari dan hasil Grafication Obtained yang diperoleh setelah mengakses portal berita IDNtimes.com. Hasil pada penelitian ini adalah adanya perbandingan antara motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi. Artinya, informasi yang disajikan oleh portal berita IDNtimes.com dapat memenuhi kebutuhan informasi untuk khalayak mahasiswa. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dikatakan motivasi konsumsi dan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa pada dimensi kebutuhan pelepasan memiliki hasil mean yang cukup besar.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Portal berita IDNtimes.com, Motivasi Konsumsi dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Uses and Gratification, Generasi Millennial’s (Mahasiswa)
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:30
Last Modified: 12 Apr 2023 06:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item