Wardhani, Citra Kusuma (2017) Strategi Marketing Communication Industri Rokok Indonesia Dalam Menghadapi Pembatasan Promosi Di Media: Studi Kasus Pada PT HM Sampoerna Tbk, Pt Djarum Indonesia Dan British American Tobacco. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perokok Indonesia semakin meningkat pada setiap tahunnya. Hal tersebut memunculkan salah satu kekhawatiran terbesar yang dihadapi dunia kesehatan, karena menurut data WHO 2013, rokok menyebabkan hampir 6 juta orang meninggal karena menghisap rokok, sedangkan 600 ribu orang lebih meninggal karena terpapar asap rokok. Pemerintah Indonesia membuat beberapa peraturan dan regulasi mengenai pembatasan promosi produk rokok yang membuat industri rokok Indonesia sudah tidak lagi leluasa dalam mempromosikan produknya dan mengalami keterbatasan dalam beriklan. Meski begitu, industri rokok memang mengalami dilematis, di tengah keterbatasan karena regulasi yang dicanangkan pemerintah, industri rokok tetap menjadi kontributor besar bagi perekonomian Indonesia, dengan begitu industri rokok tidak dapat diberhentikan dalam melakukan produksi. Dengan tujuan untuk menggambarkan strategi marketing communication industri rokok Indonesia dalam menghadapi pembatasan promosi di media, dalam hal ini industri rokok yang diteliti adalah PT HM Sampoerna Tbk, PT Djarum Indonesia dan British American Tobacco. Peneliti bermaksud untuk menganalisa bagaimana proses marketing communication dapat dilakukan melalui beberapa tahapan dan strategi yang digunakan pada setiap industri. Tahapan yang dilakukan adalah dengan menggunakan konsep Marketing Communication Planning Framework dari Chris Fill. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan melihat bagaimana strategi marketing communication tersebut dijalankan dengan gambaran yang jelas. Dalam penelitian ini peneliti melibatkan tiga orang narasumber yang kompeten dalam menjabarkan strategi dari setiap perusahaan. Dari sana ditemukan sebuah hasil bahwa setiap industri masih menggunakan konsep dan teori marketing communication namun terdapat beberapa perbedaan dan perbandingan dari setiap perusahaan dalam melakukan promosi dan komunikasi kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | PT HM Sampoerna, PT Djarum Indonesia, British American Tobacco, Marketing Communication, Marketing Communication Planning Framework |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 06:50 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 08:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5270 |
Actions (login required)
View Item |