Siahaan, Gabriella Tera Meilani (2017) Implementasi Customer Relationship Management Kompas Gramedia Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Melalui Program Kompas Gramedia Value Card. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Hubungan antara perusahaan dan pelanggan merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Perusahaan perlu mengenal pelanggan mereka bahkan mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka. Untuk melakukan hal itu perlu dilakukan strategi dengan menggunakan Customer Relationship Management. Sehingga dengan melakukan hal-hal tersebut akan timbul loyalitas pelanggan dari diri pelanggan yang ada. Perusahaan juga bisa menggunakan program membership untuk bisa menjalankan Customer Relationship Management. Kompas Gramedia merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia yang menjalankan program membership untuk bisa lebih mengenal pelanggannya. Program membership tersebut adalah Kompas Gramedia Value Card. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana implementasi Customer Relationship Management dari Kompas Gramedia Value Card untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan member mereka. Penelitian ini juga menggunakan strategi Identifying, Differentiating, Interacting, dan Customizing (IDIC). Penelitian ini juga menggunakan menggunakan metode studi kasus, wawancara dengan beberapa narasumber, dan observasi non partisipan melalui media sosial Kompas Gramedia Value Card. Penelitian ini juga menggunakan paradigma post-positivistik Dari penelitian ini, peneliti berhasil menemukan bahwa implementasi Customer Relationship Management yang dilakukan oleh Kompas Gramedia Value Card sesuai dengan strategi IDIC yang peneliti jadikan acuan untuk menyelesaikan penelitian ini. Kompas Gramedia Value Card melakukan identifikasi member dan pelanggan mereka melalui data diri, lalu melakukan pengelompokkan dan membedakan member sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka, selain itu Kompas Gramedia Value Card juga melakukan interaksi dengan member serta memberikan perilaku khusus untuk member mereka yang aktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kompas Gramedia Value Card, Customer Relationship Management, Identifying, Differentiating, Interacting, dan Customizing |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.) 300 Social Sciences 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:00 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 03:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5290 |
Actions (login required)
View Item |