Elizabeth, Johanna (2017) Fungsi Instagram Pada Media Pemberitaan Online (Studi Kasus Di Kompas.Com). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Era internet kini telah mengubah pola perilaku masyarakat Indonesia dalam mengakses informasi. Media sosial kini menjadi pilihan masyarakat era digital untuk memperoleh dan menyebarkan informasi. Tren yang demikian dilihat oleh media konvensional sebagai peluang baru untuk mendistribusikan informasi kepada khalayak. Media sosial yang sedang populer saat ini adalah Instagram. Melihat kekuatan visual yang dimiliki Instagram, Kompas.com adalah salah satu media online yang memanfaatkan kepopuleran Instagram untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji bagaimana Kompas.com memfungsikan media sosial Instagram yang mereka miliki. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode studi kasus Robert K.Yin. Teori yang digunakan peneliti untuk menganalisis fungsi Instagram pada media pemberitaan online Kompas.com adalah media sosial dan jurnalisme, visual social marketing, dan social media engagement. Berdasarkan analisis dengan konsep dan teori di atas maka hasil penelitian ini menemukan bahwa Kompas.com menggunakan akun Instagramnya untuk meningkatkan brand awareness dengan menggunakan teknik pemasaran visual social marketing. Namun pengelolaannya tidak dilakukan dengan tenaga yang dedikatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kompas.com, Media sosial, Instagram, Visual social marketing |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 09:18 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 06:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5300 |
Actions (login required)
View Item |