Strategi manajemen isu PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dalam menangani isu penolakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung

Jonathan, Jonathan (2017) Strategi manajemen isu PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dalam menangani isu penolakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Strategi merupakan ilmu atau rencana yang cermat yang berusaha untuk memanfaatkan sumber daya dalam mencapai sasaran khusus. Hal ini juga berlaku bagi setiap perusahaan yang kredibel di bidang masing-masing dalam menangani suatu isu perusahaan. Salah satunya adalah strategi manajemen isu yang dilakukan oleh PT. Kereta Cepat Indonesia China dalam menangani isu penolakan kereta cepat Jakarta-Bandung yang saat ini sedang berlangsung proses persiapan pembangunannya. Namun, di saat proses persiapan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung berlangsung, muncul beberapa isu-isu yang menjadi perbincangan dan cukup menjadi hal yang bersifat kontroversial bagi sejumlah pihak. Judul skripsi ini adalah “Strategi Manajemen Isu PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dalam Menangani Isu Penolakan Kereta Cepat Jakarta- Bandung”. Tujuannya untuk mendeskripsikan strategi manajemen isu yang dilakukan PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dalam menangani isu penolakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Sifat yang digunakan dalam penelitian bersifat deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Key informan dalam penelitian yaitu Senior Manager Corporate Communication PT. Kereta Cepat Indonesia China dan Corporate & Marketing Communication PT. Kereta Cepat Indonesia China. Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa strategi manajemen isu yang dilakukan oleh PT. KCIC lebih mengarah pada konsep Ronald D. Smith (2009, h. 131) yaitu reactive strategy: deliberate inaction dimana PT. KCIC menggunakan strategi untuk bersikap silent dalam menanggapi suatu isu. Dalam penelitian ini juga menggunakan konsep John dan Chase (1979) sebagai acuan konsep dalam penelitian ini, namun berdasarkan hasil penelitian tidak semua konsep John dan Chase dilakukan secara sempurna dalam melakukan manajemen isu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi, Manajemen Isu, dan, Isu Penolakan
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:20
Last Modified: 13 Apr 2023 01:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item