Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Opini Publik (Studi Kasus Media Sosial Twitter Pada Akun @Fahrihamzah)

Jovita, Jovita (2017) Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Opini Publik (Studi Kasus Media Sosial Twitter Pada Akun @Fahrihamzah). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (824kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Media sosial berkembang begitu pesat menyajikan sesuatu yang baru dari tahun ke tahun. Twitter menjadi media sosial yang menyajikan microblogging yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik kalangan atas hingga kalangan bawah. Topik yang dibahas pun tak luput hanya dari bidang sosial, tetapi di bidang politik juga. Sehingga tidak heran jika media sosial menjadi wadah bagi para tokoh politik menyampaikan aspirasinya. Pembentukan opini pun dapat dengan mudah terbentuk dengan adanya media sosial yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Akun Twitter @Fahrihamzah menjadi kontroversial dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan pemilik akun @Fahrihamzah ini dicap sebagai tokoh politik yang frontal dalam menyampaikan opininya di akun Twitter pribadinya tersebut. Pro dan kontra tentu muncul dari masyaarakat atas cuitan (Tweet) yang dituliskannya. Tokoh politk seperti Fahri Hamzah tentu dapat dengan mudah memunculkan dan membentuk opini di masyarakat. Skripsi yang berjudul “Peran Media Sosial dalam Pembentukan Opini Publik (Studi Kasus Media Sosial Twitter akun @Fahrihamzah” ini berisi tentang bagaimana akun Twitter @Fahrihamzah melakukan pembentukan opini publik di masyarakat. Dan bagaimana respon netizen terhadap opini publik yang dibentuk oleh fahri hamzah melalui akun Twitter @Fahrihamzah. Hasil penelitian yang dilakukan dengan para narasumber, penulis dapat menyimpulkan komunikasi yang terjadi di media sosial Twitter termediasi dengan melalui teknologi komunikasi seperti handphone dan perangkat elektronik lainnya sehingga menimbulkan opini yang berbeda-beda dimasyarakat. Komunikasi politik yang dilakukan melalui media teknologi dengan menggunakan internet sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dapat menimbulkan pro dan kontra dimasyarakat. Adanya Hyperpersonal Communication dalam CMC membuat opini yang dibentuk pemberi pesan kepada penerima pesan menjadi lebih mudah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Media Sosial, Opini Publik, Komunikasi Termediasi Komputer, Komunikasi Politik, Twitter.
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:43
Last Modified: 12 Apr 2023 06:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5302

Actions (login required)

View Item View Item