Selestinus, Paulina N (2017) Pengaruh Web Usability Dalam Kampanye Digital ‘Temukan Indonesiamu’ Terhadap Ekuitas Merek Aqua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan media digital di Indonesia setiap tahunya mengalammi peningkatan yang cukup besar. Perkembangan bisnis dalam menghadapi kompetitor di era serba digital ini pun menjadi semakin mengetat dan menguat. Banyak sekali ditemukan bentuk-bentuk komunikasi digital di media digital baik berupa iklan, kampanye, promosi, dan informasi perusahaan. Perkembangan media digital tersebut di mana berpengaruh kepada jumlah pengguna media digital yang semakin banyak juga, menjadi peluang bagi perusahaan atau organisasi untuk dapat semakin dekat berkomunikasi dengan sasaran khalayaknya terutama dalam tujuan untuk mempertahan ekuitas merek pada produk atau jasanya. Ekuitas merek sangat penting karena merupakan modal yang sangat berdampak besar baik bagi produk atau jasa itu sendiri maupun perusahaannya di tengah persaingan dengan kompetitor. Oleh karena itu, agar tercipta komunikasi dan hubungan tersebut, para perusahaan atau organisasi dituntut untuk menciptakan program komunikasi digital yang dapat menarik perhatian mereka sehingga para sasaran khalayak dapat terus bertahan berkomunikasi balik dengan perusahaan dan menerima pesan dan nilai dari merek yang disampaikan. Penelitian ini memiliki ketertarikkan pada bentuk komunikasi digital dalam sebuah website, di mana memiliki nilai web usability sehingga dari sana ingin mencari tahu apakah terdapat pengaruh terhadap ekuitas merek. Obek penelitiannya adalah program ‘Temukan Indonesiamu’ dari Aqua yang fokusnya membahas kampanye digital berupa 5 film pendek. Maka dari itu, peneliti menggunakan metodelogi kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 386 responden dengan menggunakan tehnik sampling non-probability jenis purposive sampling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh web usability terhadap ekuitas merek. Penlitipun mendapatkan hasil yakni terdapat pengaruh antara web usability dalam kampanye digital ‘Temukan Indonesia’ dengan ekuitas merek Aqua dengan nilai sebesar 26,4%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Integrasi Komunikasi Pemasaran, Kampanye Digital, Web Usability, Web Series, Ekuitas Merek |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email 300 Social Sciences > 320 Political science > 324 Political Process (Incl. Election Systems and Procedures, Votings) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 07:14 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 04:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5484 |
Actions (login required)
View Item |