Purbadini, Primadianti (2017) Analisis Peranan Barista Sebagai Personal Seller Untuk Menciptakan Customer Engagement (Studi Kasus Starbucks Coffee Binus University Alam Sutera). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dalam bisnis coffeeshop, personal selling memiliki peran yang penting untuk menarik hati customer melalui proses kustomisasi dan menjadikannya sebagai customer yang puas dan loyal. Personal selling dalam kategori bisnis ini membantu untuk membangun adanya interaksi personal dari barista terhadap customer. Judul skripsi ini adalah “Analisis Peranan Barista sebagai Personal Seller Untuk Menciptakan Customer Engagement (Studi Kasus Starbucks Coffee Binus University Alam Sutera)”. Tujuannya adalah untuk mengetahui peran barista sebagai personal seller untuk menciptakan customer engagement di Starbucks Coffee Binus University Alam dalam kegiatan operasional serta interaksi dengan para customer di Starbucks Coffee Binus University Alam Sutera sehari-hari. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan tipe deskriptif untuk melakukan pembahasannya. Hal ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengelola dan menganalisis sehingga data yang dihasilkan bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa barista memiliki peran yang besar sebagai personal seller guna untuk mengedukasi customer mengenai produk serta membangun hubungan yang baik dengan customer sehingga berawal dari proses personal selling ini dapat membantu terciptanya customer engagement. Simpulan proses personal selling yang dilakukan oleh barista sebagai personal seller tidak hanya dilakukan pada saat pendekatan pertama kali dengan customer baru, namun juga terus dilakukan kepada customer yang sudah memiliki ikatan dan loyal dengan Starbucks Coffee Binus University Alam Sutera agar hubungan baik dengan customer terus terjaga untuk jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Analisis, peran, personal selling, customer engagement |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 641 Food and Drink 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 07:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 00:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5485 |
Actions (login required)
View Item |