Gaya Kepemimpinan Ketua Imi Dalam Memperkuat Loyalitas Anggota (Studi Kasus Pada Ikatan Motor Indonesia Periode 2016 – 2020)

Femmy, Putrinka (2017) Gaya Kepemimpinan Ketua Imi Dalam Memperkuat Loyalitas Anggota (Studi Kasus Pada Ikatan Motor Indonesia Periode 2016 – 2020). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (816kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (59MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (796kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena di dalam hidupnya tidak dapat lepas dari bantuan orang lain dan dalam kehidupan sehari-hari selalu ada komunikasi yang terjadi, sehingga muncul adanya organisasi. Di Indonesia, terdapat banyak organisasi yang bergerak di berbagai bidang, baik formal ataupun informal. Agar suatu organisasi dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu menjalankan organisasi tersebut sesuai dengan visi dan misi yang sudah ditetapkan bersama. Selain itu, perlu adanya bentuk komunikasi yang tepat yang digunakan oleh pemimpin tersebut agar memunculkan loyalitas dari anggota. Organisasi yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Ikatan Motor Indonesia (IMI). IMI merupakan satu-satunya induk organisasi yang bergerak di bidang otomotif dan sudah diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia serta dipimpin oleh kepengurusan yang baru, yaitu Sadikin Aksa yang akan menjabat sebagai ketua pada periode 2016 - 2020. Teori-teori atau konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah organisasi, komunikasi organisasi, dimensi-dimensi komunikasi dalam kehidupan organisasi, gaya komunikasi, kepemimpinan yang mencakup fungsi, teori, gaya, dan kategori, serta loyalitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pembahasan secara mendalam dan mempertajam informasi yang ada dengan serinci mungkin dan bersifat deskriptif serta menggunakan metode penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat dua gaya kepemimpinan yang digunakan oleh Sadikin Aksa, yaitu gaya kepemimpinan birokratis dan diplomatis. Gaya komunikasi yang diterapkan adalah equalitarian style, dynamic style, dan relinguishing style. Perpaduan antara gaya kepemimpinan dan gaya komunikasi yang digunakan Sadikin Aksa berdampak positif terhadap loyalitas anggota IMI. Upayanya adalah melalui Kartu Tanda Anggota (KTA) Online.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: gaya kepemimpinan, gaya komunikasi, IMI, loyalitas, dan organisasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:35
Last Modified: 05 Apr 2023 01:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5489

Actions (login required)

View Item View Item