Peran Budaya Organisasi Dan Pola Aliran Komunikasi Organisasi Dalam Efektivitas Komunikasi Pimpinan Dengan Karyawan (Studi Kasus PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Corporate Communications)

Livinka, Theresia (2017) Peran Budaya Organisasi Dan Pola Aliran Komunikasi Organisasi Dalam Efektivitas Komunikasi Pimpinan Dengan Karyawan (Studi Kasus PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Corporate Communications). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (685kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Di setiap perusahaan, terdapat struktur organisasi yang memisahkan antara pimpinan yang memiliki jabatan lebih tinggi dengan karyawan di struktur yang lebih rendah. Baik pimpinan ataupun karyawan, keduanya memerlukan komunikasi untuk menjalankan pekerjaan. Pimpinan atau manajer yang bekerja di dalam sebuah perusahaan sekiranya memiliki tujuan yang sama dalam berkomunikasi, yakni penyelesaian tugas kerja atau hasil pekerjaan. Namun, di tingkat perusahaan multi-nasional seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk., masalah efektivitas komunikasi antara pimpinan dengan karyawan dapat menjadi hal yang kompleks. Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif adalah penyampaian informasi atau pesan sesuai dengan tujuan pengirim pesan sehingga dapat diterima oleh penerima sama dengan tujuan dari komunikasi tersebut. Lalu, budaya organisasi di Divisi Corporate Communications Indofood sendiri telah melahirkan budaya komunikasi sehingga hal tersebut dapat memengaruhi efektivitas komunikasi, khususnya antara pimpinan dengan karyawan karena mengingat kebutuhan komunikasi yang dimilikinya satu sama lain. Selain itu, pola aliran komunikasi organisasi juga dirasa penting dalam membangun komunikasi yang lebih efektif antara pimpinan dengan karyawan yang bekerja di bawahnya, baik aliran komunikasi ke atas maupun aliran komunikasi ke bawah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma postpositivistik dan mengadaptasi studi kasus Robert K. Yin. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan wawancara langsung, observasi langsung, serta dokumentasi. Teori dan konsep yang digunakan adalah komunikasi organisasi, budaya organisasi, pola aliran komunikasi organisasi serta efektivitas komunikasi. Iklim komunikasi organisasi dan gaya komunikasi ditambahkan sebagai bahasan yang mendorong terciptanya komunikasi yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Efektivitas Komunikasi, Budaya Organisasi, Pola Aliran Komunikasi Organisasi, PT Indofood Sukses Makmur Tbk., Corporate Communications, Pimpinan dengan Karyawan
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture)
300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 390 Customs, Etiquette, Folklore, Local Culture
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:54
Last Modified: 18 May 2022 04:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5505

Actions (login required)

View Item View Item