Tjandra, Wilson (2017) Implementasi Pembentukan Citra Diri Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Arif Hidayat Sebagai Selebriti Instagram). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan internet telah menghadirkan berbagai jenis pekerjaan baru dalam masyarakat, contohnya adalah Youtuber, Driver ojek online, dan Selebriti Instagram. Selain itu, internet juga menghadirkan berbagai media sosial yang memiliki berbagai kegunaan, salah satunya adalah Instagram. Instagram memiliki kegunaan untuk photo-sharing, sarana pemasaran, dan untuk membentuk citra diri. Pembentukan citra diri melalui media sosial Instagram ini telah dilakukan oleh seorang Selebriti Instagram, yaitu Arif Hidayat. Dengan tujuan untuk meneliti pembentukan citra diri Arif Hidayat melalui media sosial Instagram, peneliti bermaksud untuk menganalisa bagaimana citra diri itu dapat terbentuk, dan hal-hal apa yang dapat menunjang keberhasilan pembentukan citra diri itu. Penggambaran proses pembentukan citra diri ini dapat memberikan kontribusi dan menjadi referensi bagi individu lain dalam proses pembentukan citra diri melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan melihat bagaimana proses pembentukan citra diri itu dijalankan dengan gambaran yang jelas dan eksplorasi tahapan-tahapan pembentukan citra diri Arif Hidayat sebagai suatu kasus penelitian yang menarik untuk diteliti. Peneliti melibatkan empat orang narasumber yang kompeten untuk menjelaskan proses tersebut. Dari sana ditemukan sebuah hasil bahwa Arif Hidayat sebagai Selebriti Instagram telah memiliki citra diri sebagai pengusaha muda yang sukses. Selain itu, Arif berhasil melewati empat tahap pembentukan citra diri dan terbentuk sikap dan perilaku yang baru, yaitu perilaku mengunggah konten di Instagram secara rutin dan konsisten.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Citra diri, Arif Hidayat, Instagram |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 02:46 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 08:36 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5509 |
Actions (login required)
View Item |