Perancangan Buku Ilustrasi Cerita Ramayana Bagi Anak Usia 8-10 Tahun

Agnes W. S, Graciela (2017) Perancangan Buku Ilustrasi Cerita Ramayana Bagi Anak Usia 8-10 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (134MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (675kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, bahasa, dan budaya. Di mata dunia, budaya Indonesia sudah diakui keindahannya. Hal ini terbukti lewat pengakuan dari badan PBB melalui UNESCO yang mengakui budaya Indonesia itu indah dan perlu dilestarikan. Sayangnya, banyak budaya Indonesia yang kurang dilestarikan dengan baik, salah satu budays tersebut adalah wayang. Berbagai cara sedang dilakukan gencar oleh pemerintah untuk melestarikan budaya ini. Salah satu upaya pemerintah dalam melestarikan budaya ini adalah melalui mata pelajaran seni budaya di sekolah. Cerita wayang yang terkenal seperti Ramayana dan Mahabharata menjadi pembahasan dalam pelajaran tersebut. Cerita tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk sekedar mengenal wayang, tetapu juga sebagai salah satu media penyampaian nilai-nilai kemanusiaan yang dapat menjadi pelajaran hidup. Namun, siswa masih merasa kesulitan dalam mencerna cerita tersebut. Hal ini disebabkan karena selain ceritanya yang cukup kompleks, dalam buku pelajaran tidak terdapat ilustrasi yang dapat memberikan sedikit banyak gambaran kepada anak-anak tersebut. Perancangan buku ilustrasi ini bertujuan untuk mengenalkan wayang kepada siswa SD usia 8 - 10 tahun serta membantu mereka untuk dapat lebih mudah mengerti cerita wayang Ramayana sehingga nilai-nilai kehidupan yang ada dapat lebih mudah diterima oleh anak-anak tersebut. Penulis menggunakan metodologi penelitian kualitatif dalam proses pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan focus group discussion. Dengan adanya buku ilustrasi cerita wayang ini, penulis berharap dapat mempermudah mereka untuk mengenal dan melestarikan wayang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Wayang, Ramayana, Buku, Ilustrasi, Anak
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:15
Last Modified: 26 Jan 2023 00:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5627

Actions (login required)

View Item View Item