Analisis faktor penggerak attitude toward advertising dan attitude toward brand dan implikasinya terhadap purchase intention telaah pada followers selebgram baby moonella sunshine jo terhadap produk moonella yummy box

Auw, Julius Harianata Lukito (2018) Analisis faktor penggerak attitude toward advertising dan attitude toward brand dan implikasinya terhadap purchase intention telaah pada followers selebgram baby moonella sunshine jo terhadap produk moonella yummy box. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi Final.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, industri bisnis maupun media pemasaran berkembang dengan sangat pesat. Terdapat banyak bisnis online shop yang hadir dengan memanfaatkan media sosial sebagai marketplace dalam menjual produknya. Pemasaran produk yang inovatif dan kreatif menjadi satu kewajiban dalam menjalankan bisnis, tak terkecuali dengan memanfaatkan jasa endorsement sebagai strategi penggunaan influencer marketing. Endorsement merupakan salah satu cara yang efektif dalam mempromosikan produk, terlebih pada saat ini sedang meningkatnya trend selebgram sebagai influencer terhadap brand maupun produk yang ditawarkan. Endorser credibility merupakan faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan endorser yang tepat. Moonella Yummy Box merupakan salah satu online shop yang menggunakan strategi endorsement. Moonella Yummy Box menggunakan media Instagram dengan memanfaatkan fenomena selebgram, dan menggunakan strategi endorsement dalam mempromosikan produknya. Dalam penelitian ini, Baby Moonella merupakan selebgram balita yang menjadi endorser dari brand Moonella Yummy Box. Kemudian adapun permasalahan yang diajukan pada peneltian ini untuk mengetahui apakah purchase intention dari fanbase followers Baby Moonella dipengaruhi oleh attractiveness dan celebrity/product congruence melalui attitude toward advertising, dan attitude toward brand. Model yang diajukan dalam penelitian ini disampaikan dalam 4 hipotesis yang akan dianalisa menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan perangkat lunak LISREL versi 8.8. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 143 responden, yaitu wanita berusia 19-30 tahun yang mengetahui tentang Baby Moonella, follower Instagram Baby Moonella, pernah melihat iklan endorsement Moonella Yummy Box di Instagram Baby Moonella, dan belum pernah melakukan pembelian produk Moonella Yummy Box. Kesimpulan pada penelitian ini adalah semua hipotesis yang diajukan sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya, yakni attractiveness dan celebrity/product congruence berpengaruh positif terhadap attitude toward advertising, attitude toward advertising berpengaruh positif terhadap attitude toward brand, dan attitude toward brand berpengaruh positif terhadap purchase intention. Sehingga berdasarkan hasil temuan tersebut, juga terdapat beberapa saran yang dapat meningkatkan purchase intention melalui attitude toward advertising dan attitude toward brand.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 May 2019 02:52
Last Modified: 09 Dec 2022 08:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5672

Actions (login required)

View Item View Item