Konstruksi kampanye pemilihan presiden tahun 2014 dalam surat kabar media indonesia dan sindo sebuah studi analisis framing

Sagita, Oriza Cintya (2015) Konstruksi kampanye pemilihan presiden tahun 2014 dalam surat kabar media indonesia dan sindo sebuah studi analisis framing. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (688kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (673kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Framing adalah pendekatan untuk melihat bagaimana realitas itu dibentuk dan dikonstruksi oleh media. Konsep framing sering digunakan untuk menggambarkan proses seleksi dan penonjolan aspek tertentu dari realitas oleh media. Media massa memiliki peran strategis dalam mengkonstruksi realitas ke dalam pemberitaan pemberitaannya. Bahkan, seringkali peran media tidak sekedar sebagai penyalur informasi atas peristiwa, media massa mempunyai kesempatan besar dalam membangun opini publik yang mudah membentuk terjadinya perubahan atas suatu konstruksi realitas, khususnya dalam bidang politik. Seperti dalam skripsi ini, mengenai kampanye pemilihan presiden 2014, di mana surat kabar Media Indonesia dan Sindo mengkonstruksi berita dengan cara pandang yang berbeda dan cenderung memihak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konstruksi kampanye pemilihan presiden tahun 2014 pada surat kabar Sindo dan Media Indonesia. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian ditemukan bahwa kedua media yang diteliti memiliki perbedaan dalam mengkonstruksi peristiwa kampanye pemilihan presiden 2014. Pada surat kabar Media Indonesia menekankan isu penculikan aktivis 1998. Sedangkan pada surat kabar Sindo, menekankan adanya kampanye hitam terhadap Prabowo.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
300 Social Sciences > 320 Political science > 320 Political Science (Government Management)
300 Social Sciences > 320 Political science > 324 Political Process (Incl. Election Systems and Procedures, Votings)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2017 03:11
Last Modified: 20 Jan 2022 08:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item