Peran Komunikasi Antar Pribadi Dan Self Disclosure Dalam Pengembangan Hubungan Anak Didik Dan Petugas Lpka (Studi Kasus Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Tangerang)

Pantow, Andre Jonathan (2018) Peran Komunikasi Antar Pribadi Dan Self Disclosure Dalam Pengembangan Hubungan Anak Didik Dan Petugas Lpka (Studi Kasus Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Tangerang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (910kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (693kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi antar pribadi pada dasarnya bersifat relasional yang terjadi pada suatu hubungan. Dengan ditempatkan di LPKA, maka komunikasi antar pribadi yang bisa dilakukan oleh anak didik pemasyarakatan akan menjadi terbatas. Komunikasi antar pribadi yang akan sering dilakukan oleh anak didik pemasyaraktan adalah dengan petugas di LPKA Klas 1 Tangerang. Pengembangan hubungan tentunya akan terjadi antara Anak Didik dan Petugas LPKA Klas 1 Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi antar pribadi dan keterbukaan diri yang terjadi dalam pengembangan hubungan antara Anak Didik dan Petugas LPKA Klas 1 Tangerang, serta mengetahui hambatan-hambatan komunikasi yang terjadi di hubungan yang terjalin. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dikaji dengan menggunakan metode studi kasus oleh Robert K. Yin. Teori yang digunakan adalah teori penetrasi sosial. Partisipan penelitian adalah 3 Anak Didik dan 3 Petugas LPKA Klas 1 Tangerang yang sudah tinggal disana selama minimal 6 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa Anak Didik dan Petugas LPKA Klas 1 Tangerang mengalami pengembangan hubungan melalui kontribusi dari komunikasi antar pribadi dan keterbukaan diri individu. Keterbukaan diri yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti perbedaan individu, topik pembicaraan, dan pendengar. Peran komunikasi antar pribadi seperti keterbukaan, empati, perilaku suportif, perilaku positif, dan kesetaraan telah terpenuhi. Ditemukan pula hambatan-hambatan komunikasi yang terjadi berupa hambatan psikologi, fisik, dan semantik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Self-Disclosure, Komunikasi Antar Pribadi, Teori Penetrasi Sosial, Hambatan Komunikasi, Anak Didik Pemasyarakatan, Petugas LPKA
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jun 2019 01:31
Last Modified: 19 Jul 2022 01:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item