Irawan, Belva Agnes (2018) Pengaruh Penggunaan Microblogging Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Dalam Situasi Krisis (Survei Terhadap Penggunaan Akun Media Sosial Twitter @Greenpramukajkt Bagi Followers Khususnya Penghuni Apartemen Green Pramuka City Tower Faggio Dan Pino Tahun 2017). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Semakin berkembangnya sarana penyebaran informasi melalui media pun turut memperbesar pula potensi akan hadirnya krisis terhadap perusahaan atau organisasi. Melihat perkembangan zaman yang cenderung serba digital membuat media sosial menjadi salah satu alternatif untuk dapat dimanfaatkan sebagai medium dalam penyebaran informasi bagi organisasi yang sedang mengalami krisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan microblogging Twitter manajemen Green Pramuka City (@greenpramukajkt) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers khususnya penghuni Apartemen Green Pramuka City dalam situasi krisis. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori Uses and Gratifications yang mengatakan bahwa khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Metodologi yang dilakukan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 306 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh variabel penggunaan microblogging Twitter manajemen Green Pramuka City (@greenpramukajkt) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers khususnya penghuni Apartemen Green Pramuka City dalam situasi krisis sebesar 55% sedangkan sisanya yaitu 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Apartemen Green Pramuka City, Komunikasi Krisis, Public Relations, Online Public Relations, Teori Uses and Gratifications |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 08:50 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 07:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5833 |
Actions (login required)
View Item |