Strategi Documentary Storytelling Pocari Sweat Dalam Membangun Social Customer Engagement: Studi Kasus Born To Sweat Di Media Sosial

Claudia, Cindy (2018) Strategi Documentary Storytelling Pocari Sweat Dalam Membangun Social Customer Engagement: Studi Kasus Born To Sweat Di Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (741kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (905kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pada tahun 2017, Pocari Sweat meluncurkan sebuah produk documentary storytelling di media sosial yang berjudul Born to Sweat. Pocari Sweat merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang mengimplementasikan teknik documentary storytelling sebagai strategi konten di media sosial. Mengingat banyaknya manfaat serta kelebihan yang ditawarkan teknik documentary storytelling, khususnya dalam meraih social customer engagement, penulis merasa bahwa topik ini penting untuk dijadikan sebagai bahan penelitian. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan documentary storytelling Born to Sweat di media sosial berdasarkan konsep creative nonfiction menurut Bernard (2011). Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana social customer engagement yang dibangun melalui sport documentary Born to Sweat berdasarkan konsep hierarchy of engagement process menurut Evans & Cothrel (2014). Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian studi kasus menurut Yin (2018). Teknik pengumpulan data dilakukan penulis melalui beberapa sumber yaitu wawancara mendalam, dokumentasi, serta observasi langsung. Lalu, penulis melakukan teknik analisis data dengan menggunakan pattern matching untuk melihat suatu kontras maupun keselarasan antara hasil penelitian dengan konsep-konsep yang penulis gunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Born to Sweat telah mengimplementasikan tahapan creative nonfiction Bernard (2011) dalam hal pemilihan karakter, pemilihan objektif, penyusunan ketegangan, serta dalam proses engagement dengan khalayaknya. Selain itu, penulis juga menemukan bahwa terdapat peningkatan jumlah likes serta comments yang signifikan di Instagram sejak episode pertama Born to Sweat diluncurkan. Namun belum ditemukan adanya peningkatan jumlah reply serta post dari khalayak. Oleh karena itu, penulis menyimpulkan bahwa sport documentary Born to Sweat mampu membangun social customer engagement di media sosial sampai kepada tahapan creation.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: documentary storytelling, social customer engagement, dan media sosial.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Jun 2019 03:52
Last Modified: 12 Apr 2023 06:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item