Objektivitas Pemberitaan Ruu Penyiaran Di Okezone.Com Dan Tempo.Co

Yiulianto, Devin (2018) Objektivitas Pemberitaan Ruu Penyiaran Di Okezone.Com Dan Tempo.Co. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (770kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (805kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (704kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

UU Penyiaran No. 32 Tahun 2002 adalah UU yang mengatur mengenai penyiaran di Indonesia. Media yang diatur dalam UU Penyiaran ini adalah televisi dan radio karena menggunakan frekuensi publik. UU Penyiaran tersebut saat ini sedang dirancang ulang karena dinilai sudah tidak dapat merangkul perkembangan zaman yang semakin cepat. Rancangan Undang-Undang yang baru mengatur perubahan frekuensi analog ke digital. Selain itu, terdapat juga Undang-Undang yang mengatur mengenai pembatasan iklan rokok. Namun, pro dan kontra terjadi antara pemerintah dengan lembaga penyiaran swasta. MNC Grup dan Tempo Grup adalah salah satu konglomerasi media yang memiliki lembaga penyiaran, media daring, dan perusahaan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk melihat tingkat objektivitas Okezone.com yang termasuk dalam MNC Grup dan Tempo.co yang termasuk dalam Tempo Grup. Peneliti ingin melihat objektivitas dari kedua media tersebut yang juga memiliki televisi dan radio di dalam konglomerasinya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi untuk menganalisis objektivitas pemberitaan RUU Penyiaran di Okezone.com dan Tempo.co. Dengan menggunakan skema Westersthal, peneliti menurunkan dimensi-dimensi tersebut ke dalam sebuah indikator. Penelitian ini juga telah melewati uji reliabilitas yang berarti bahwa alat ukur yang dipakai dapat dipercaya. Peneliti mendapati rendahnya persentase dari beberapa indikator objektivitas yang telah peneliti susun. Okezone.com dan Tempo.co banyak menyajikan berita yang tidak menghadirkan dua sisi yang berlawanan dan tidak proporsional.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Objektivitas, RUU Penyiaran No. 32 Tahun 2002, Media Daring, Okezone.com, Tempo.co.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 384 Telecommunications (Handphone, Phone, Wireless Communication, Telegraph)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Jul 2019 08:32
Last Modified: 13 Nov 2024 08:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5857

Actions (login required)

View Item View Item