Analisis Engagement Melalui Komentar Di Instagram WWF Indonesia Terkait Earth Hour 2018

Puspitasari, Dian (2018) Analisis Engagement Melalui Komentar Di Instagram WWF Indonesia Terkait Earth Hour 2018. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

WWF Indonesia merupakan organisasi non-profit yang hadir sejak tahun 2007. Organisasi yang beroperasi di bidang perlindungan ekosistem ini memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan media sosial Instagram untuk mengajak masyarakat agar ikut serta dalam Earth Hour 2018. Ajakan WWF Indonesia mendapatkan berbagai respon masyarakat dalam bentuk komentar yang ditulis pada kolom komentar akun Instagram WWF Indonesia. Penelitian ini melakukan analisis isi terhadap komentar di Instagram dengan menghubungkannya dengan konsep hierarchy of engagement yang dicetuskan oleh Evans dan Cothler (2014, h. 10) yang menjelaskan mengenai tahap-tahap engagement pada media sosial. Penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif. Analisis isi kualitatif dilakukan dengan komentarkomentar yang menjadi objek penelitian disegmentasikan ke dalam coding frame sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap engagement advocate sudah dicapai oleh WWF Indonesia, namun tahap consume masih menjadi tahap yang dominan. Konten yang dibentuk oleh WWF Indonesia juga memberikan pengaruh terhadap engagement dari segi format penulisan, tone, konteks, timing, dan repetition.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Konten, Hierarchy of Engagement
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2019 09:10
Last Modified: 17 Oct 2022 01:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5859

Actions (login required)

View Item View Item