Newsgame: Siapa Pribumi Asli Indonesia

Christy, Firdhy Esterina (2018) Newsgame: Siapa Pribumi Asli Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Newsgame: Siapa Pribumi Asli Indonesia adalah permainan jurnalistik yang membahas tentang siapa orang asli Indonesia. Permainan ini bertujuan untuk memberitahukan bahwa tidak ada orang asli Indonesia. Data yang digunakan dalam pembuatan permaian jurnalistik ini berdasarkan dari penelitian Prof. Herawati Sudoyo dan Eijkman Institute berjudul ‘Complex Patterns of Admixture across the Indonesia Archipelago’. Newsgame untuk mengenalkan bentuk baru dari jurnalisme online. Jurnalisme online tidak tebatas hanya teks, foto dan video, karena terdapat bentuk lain dalam mengakses berita salah satunya dengan menggunakan newsgame. Menurut Miguel Siscart (Siscart, 2008, p.28-29), newsgames merupakan permainan komputer yang dirancang untuk menggambarkan aspek spesifik dan konkret dari berita dengan tujuan berpartisipasi. Alasan penulis memilih newsgame sebagai medium penyampaian isu pribumi karena penulis memiliki harapan bahwa para pembaca bisa ikut serta dalam pengaksesan berita dan informasi. Sasaran atau target pembaca dari karya ini adalah kaum milenials yang memiliki usia (15-34 tahun) dianggap sudah mampu ikut berpartisipasi dan bijak dalam mengakses informasi. Tujuan dari pembuatan Newsgame: Siapa Pribumi Asli Indonesia adalah untuk mengedukasi para pembaca bahwa tidak ada orang asli Indonesia dengan berpartisipasi melalui permainan jurnalistik. Konsep newsgame yang digunakan adalah permainan sebagai pengalaman. Karena pengalaman pembaca merupakan tujuan dari pembuatan permainan ini. Newsgame: Siapa Pribumi Asli Indonesia termasuk dalam kluster innovation dan development based project adalah memberikan inovasi baru dalam bidang jurnalistik, dengan sub-kluster news distribution apps adalah penyampaian informasi dengan menggunakan bentuk selain dari pada teks, foto, dan video.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Newsgame, Innovation and Development Based Project, News Distribution Apps. Pribumi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:59
Last Modified: 06 Apr 2023 07:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item