Antono, Fransisca Desfourina (2018) Strategi Internal Relations Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja: Studi Kasus Terhadap Kegiatan Internal Relations Pt Japfa Comfeed Indonesia Unit Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai persepsi karyawan terhadap strategi internal relations perusahaan manufaktur untuk meningkatkan motivasi kerja serta rendahnya motivasi kerja karyawan produksi PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Tangerang yang telah memiliki beragam program internal relations. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif menggunakan model studi kasus Robert K.Yin dan paradigma post-positivis. Tahap penelitian diawali dengan pengumpulan data berupa konsep, teori dan penelitian terdahulu mengenai internal relations. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara, menganalisis hasil wawancara dan mengaitkannya dengan teori yang sesuai. Pada akhirnya nanti peneliti mendapatkan jawaban berupa alasan dari hasil penelitian nanti. Dari hasil analisis transkrip wawancara diketahui bahwa memang benar peran internal relations suatu perusahaan manufaktur dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi kerja karyawannya. Selain itu juga ditemukan bahwa persepsi karyawan PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Tangerang positif. Perusahaan memiliki beberapa program internal relations yang efektif untuk meningkatkan motivasi kerja karyawannya yaitu, individual meeting, penggunaan papan pengumuman, telephone line, e-mail, family gathering, program pendidikan dan pelatihan karyawan, serta berbagai fasilitas dan tunjangan. Namun, kegiatan family gathering perusahaan tidak dilakukan secara rutin, dan perusahaan juga tidak memiliki program penghargaan bagi karyawannya. Temuan ini menjadi jawaban dari potensi masalah, rendahnya motivasi kerja karyawan produksi PT Japfa Comfeed Indonesia Unit Tangerang, karena ternyata kegiatan family gathering adalah kegiatan yang paling efektif dan diinginkan karyawan dan program penghargaan adalah salah satu program penting yang harus ada di dalam suatu perusahaan, terutama dalam meningkatkan motivasi kerja.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Internal relations, employee relations, public relations, motivasi kerja, karyawan |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:58 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 03:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5882 |
Actions (login required)
View Item |