Analisis pengaruh product knowledge of endorser, sense of style of endorser & admiration terhadap correspondent inferences & attitude toward endorser dan implikasinya terhadap attitude toward product & purchase intention (studi pada laudya cynthia bella sebagai endorser zoya)

Utami, Larasati Dyah (2016) Analisis pengaruh product knowledge of endorser, sense of style of endorser & admiration terhadap correspondent inferences & attitude toward endorser dan implikasinya terhadap attitude toward product & purchase intention (studi pada laudya cynthia bella sebagai endorser zoya). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (736kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena fashion hijab di Indonesia mulai dirasakan dalam beberapa tahun belakangan ini. Walaupun pada awalnya sempat ada peraturan pelarangan dalam penggunaannya di beberapa institusi, hijab terus mengalami revolusi hingga pada tahun 2011 hijab mulai jadi tren fesyen di Indonesia seiring munculnya komunitas Hijabers Community dan adanya pertumbuhan jumlah kelas menengah muslim di Indonesia. Zoya menjadi salah satu nama brand busana hijab yang hadir untuk memenuhi pasar kelas ini. Zoya hadir menjadi referensi busana muslim yang terjangkau bagi kalangan kelas menengah muslim di Indonesia. Untuk mempengaruhi minat beli konsumen, perusahaan harus terus berinovasi dengan menciptakan strategi pemasaran. Pada awal tahun 2015, salah satu strategi pemasaran Zoya adalah celebrity endorsement yaitu dengan menjadikan Laudya Cynthia Bella sebagai brand ambassadornya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa purchase intention dapat dipengaruhi iklan yang menampilkan seorang selebriti yang kredibel dimana mereka memiliki pengetahuan akan produk yang di endorsenya (product knowledge of endorser), memiliki gaya serta daya tarik secara fisik (sense of style of endorser), dan kekaguman (admiration) melalui kesimpulan koresponden (correspondent inferences), sikap konsumen terhadap endorser (attitude toward endorser), dan sikap konsumen terhadap produk (attitude toward product). Model teoritis penelitian ini menggunakan 7 hipotesis yang akan diuji menggunkan Structural Equation Model (SEM). Sampel dalam penelitian ini adalah 145 responden wanita yang mempunyai rentang usia minimal 18 tahun. Responden adalah orang yang belum pernah membeli produk Zoya sebelumnya, mengetahui artis yang bernama Laudya Cynthia Bella, dan pernah melihat iklan Zoya hijab yang menghadirkan Laudya Cynthia Bella. Hasil dari analisis ini menunjukkan jika terdapat pengaruh antara sense of style dari endorser terhadap purchase intention melalui correspondent inferences, attitude toward endorser dan attitude toward product. Selain itu, juga terdapat pengaruh antara admiration terhadap purchase intention melalui attitude toward endorser dan attitude toward product. Akan tetapi, dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara product knowledge dari endorser terhadap correspondent inferences. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa ketujuh hipotesis yang diajukan tidak semuanya sesuai dengan hasil temuan penelitian sebelumnya. Oleh karena itu, disarankan bagi produsen Zoya hijab untuk memperhatikan faktor product knowledge dari endorser yang tampil mewakili produk Zoya hijab sehingga dapat meningkatkan sikap positif konsumen terhadap produk Zoya hijab dan minat belinya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) > 381.1 Retail Trade
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Jul 2019 08:21
Last Modified: 29 Jan 2022 05:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5970

Actions (login required)

View Item View Item