Rarasati, Sekar (2015) Representasi budaya jawa dalam film minggu pagi di victoria park (analisis semiotika roland barthes). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (840kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (797kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (845kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (826kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (748kB) | Preview |
Abstract
Budaya Jawa menjadi salah satu kultur yang hidup di Indonesia sejak masa kerajaan, kehadirannya telah membawa pengaruh besar untuk masyarakat. Nilai-nilai luhur yang tertanam melahirkan norma, tradisi, dan mitos yang bersanding hingga lintas generasi. Seperti pesan yang disampaikan oleh Minggu Pagi di Victoria Park, film ini menceritakan bagaimana budaya Jawa tercermin di abad 20. Penelitian yang berjudul Representasi Budaya Jawa dalam film Minggu Pagi di Victoria Park ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, paradigma konstruktivis, dan metode penelitian semiotika dengan teknik analisis Roland Barthes. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya Jawa yang terkandung dalam film ini adalah proses kebudayaan dalam rumah tangga yang menerapkan sistem pola hubungan paternalistik telah mempengaruhi gaya kepemimpinan dan sifat dari setiap anggota keluarga. Budaya tersebut direpresentasikan melalui beberapa scene yang menampilkan hubungan antara bapak dengan anak, dan suami dengan istri yang diadaptasi dari pola patron-klien layaknya hamba dan raja. Melalui teknik analisis semiotika Roland Barthes ditemukan mitologi yang muncul dalam setiap scene yang diteliti seperti ideologi bapakisme, egosentrisme, feodalistik, nrima, angon rasa. Film ini memiliki mitos bahwa dalam keluarga Jawa kekuasaan laki-laki adalah mutlak dan watak nrima menjadi simbol dari kekuatan perempuan Jawa.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture) 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 390 Customs, Etiquette, Folklore, Local Culture 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 06:17 |
Last Modified: | 18 May 2022 05:54 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/598 |
Actions (login required)
View Item |