Putera, Hansen Andy (2018) analisis pengaruh advertising spend dan attitudes toward advertisements terhadap brand awareness serta implikasinya terhadap perceived quality suatu studi pada iklan zilingo di youtube. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
SKRIPSI DONE NEW.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pertumbuhan pengguna internet dan smartphone terus meningkat secara drastis dalam satu dekade terakhir. Banyaknya pengguna internet dan smartphone telah membuka sebuah peluang besar bagi pasar e-commerce. Menurut Ecommerceiq, Indonesia merupakan salah satu pangsa pasar e-commerce dengan perkembangan tercepat sehingga bermunculan e-commerce baru di Indonesia. Tetapi, e-commerce baru ini harus bersaing dengan e-commerce yang telah lama merajai tanah air. Salah satu cara untuk memulai persaingan adalah membangun brand awareness terlebih dahulu dan menawarkan produk-produk yang berkualitas melalui strategi mobile advertising untuk menjangkau target market yang potensial. Namun dalam kenyataannya, sudah terdapat startup e-commerce yang gagal dalam mendapatkan brand awareness maupun persepsi kualitas yang baik sehingga startup-startup tersebut bangkrut dan tidak beroperasi lagi. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi perceived quality dan brand awareness yang mencakup advertising spend dan attitudes toward advertisement pada iklan Zilingo di Youtube sebagai e-commerce pendatang yang baru masuk di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain riset deskriptif dengan metode nonprobability sampling dengan teknik judgemental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pada responden sebanyak 145 responden, pria dan wanita yang berumur 16-35 tahun dan pernah melihat iklan Zilingo khususnya di Youtube. Penelitian ini mendapatkan temuan bahwa terdapat hubungan positif antara advertising spend terhadap brand awareness.. Hubungan positif antara attitudes toward advertisement terhadap perceived quality dan brand awareness. Dimana brand awareness berpengaruh positif terhadap perceived quality. Namun, tidak ditemukan pengaruh yang signifikan antara advertising spend terhadap perceived quality. Dalam membuat sebuah iklan, hal yang terpenting adalah kualitas iklan tersebut apakah menarik untuk ditonton atau tidak.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 380 Commerce, communications transportation 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 06:46 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:57 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6090 |
Actions (login required)
View Item |