Raysano, Jovan (2018) analisis pengaruh food quality, atmosphere, quality of interaction, perceived price terhadap satisfaction serta implikasinya pada repurchase intention (telaah pada konsumen restoran madagaskar). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
Jovan Raysano - 14130110020 - Copy.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Dengan berkembangnya perekonomian Indonesia saat ini yang juga diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat, industri kuliner pun kian berkembang setiap tahunnya. Bermacam-macam jenis restoran pun bersaing ketat dengan menonjolkan kekuatan dan perbedaan yang dimilikinya. Untuk dapat bersaing dan bertahan, salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah mendapatkan loyal customer yang ingin terus kembali makan ke restoran tersebut. Pelanggan akan menjadi loyal customer apabila pengalaman makan di restoran tersebut memuaskan bagi dirinya. Beberapa faktor yang menentukan kepuasan pelanggan adalah food quality, atmosphere, quality of interaction, dan perceived price. Restoran Madagaskar merupakan sebuah restoran casual yang masih baru dan tergolong unik akan temanya yang didesain menyerupai dengan hutan beserta dengan hewanhewannya. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti apakah food quality, atmosphere, quality of interaction, dan perceived price mempengaruhi satisfaction serta memiliki implikasi pada repurchase intention di Restoran Madagaskar. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuantitatif dan pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 147 responden yang merupakan pria dan wanita yang berusia 17-56 tahun, dan baru pertama kali berkunjung dan menikmati makanan di Restoran Madagaskar selama 10 bulan terakhir dan memiliki anggaran minimal Rp 100.000 per orang untuk sekali makan di restoran. Untuk analisa data, penelitian ini menggunakan Structural Equation Model dengan penggunaan software LISREL versi 8.8. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa, dari 5 hipotesis yang diajukan, terbukti bahwa adanya pengaruh positif antara food quality, atmosphere, dan perceived price terhadap satisfaction, dan adanya pengaruh positif antara satisfaction terhadap repurchase intention, sedangkan untuk quality of interaction, pada penelitian ini membuktikan tidak adanya pengaruh yang cukup signifikan terhadap satisfaction. Diharapkan melalui penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman lebih lanjut mengenai Restoran Madagaskar.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | food quality, atmosphere, quality of interaction, perceived price, satisfaction, repurchase intention, restaurant |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 641 Food and Drink > 641.3 Food 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 642 Meals and Table Service (Restaurant Management) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:20 |
Last Modified: | 02 May 2023 07:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6104 |
Actions (login required)
View Item |