Lovis, Kevin Zaprilan (2018) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan: Survei Pada Mahasiswa Universitas Pengguna Go-Jek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Saat ini, persaingan bisnis yang ketat mengharuskan setiap perusahaan untuk memiliki strategi yang tepat dalam memenangkan persaingan, khususnya memenangkan loyalitas dari para pelangganya. Untuk itu, perusahaan tentu harus memastikan bahwa pelanggan puas atas produk atau jasa yang ditawarkan. Kualitas layanan dan harga adalah dua elemen penting yang perlu dipertimbangkan dalam menciptakan kepuasan pelanggan, bahkan loyalitas pelanggan. Adapun yang menjadi daya tarik dalam penelitian ini adalah konsep loyalitas itu sendiri. Konsep loyalitas bukanlah sebuah hal yang baru. Akan tetapi, apakah konsep ini masih berlaku untuk digunakan pada kondisi saat ini, khususnya dalam industri transportasi online. Hal ini juga didasarkan pada pengguna atau pelanggan saat ini yang sudah jauh lebih cerdas dan terlebih mereka juga memiliki pilihan untuk menggunakan jasa perusahaan pengembang lainnya. Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan: Survei Pada Mahasiswa Universitas Pengguna Go-Jek”. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Model yang digunakan adalah model asosiatif dengan jenis data kuantitatif. Untuk metode penelitian sendiri dilakukan dengan melakukan survei dengan teknik penyebaran kuesioner, baik secara online maupun softcopy dan jawaban skala likert. Responden dalam penelitian kali ini adalah mahasiswa universitas pengguna Go-Jek cluster Banten yang berjumlah 328 orang. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas layanan dan harga mempengaruhi loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Adapun besaran pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,336. Selain itu, variabel harga memiliki pengaruh tidak langsung melalui kepuasan pelanggan sebesar 0,096.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan. |
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:16 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6108 |
Actions (login required)
View Item |