Chandra, Randy (2016) Analisis hubungan kualitas belajar dengan persepsi mahasiswa mengenai atribut tata letak kelas. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kualitas pendidikan masih menjadi masalah yang perlu untuk dibenahi di Indonesia. Kualitas pendidikan digambarkan melalui performa yang ditampilkan oleh pelajar berupa nilai maupun indeks prestasi. Untuk memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas yang dihasilkan, sekolah maupun universitas perlu untuk membenahi fasilitas-fasilitas yang ada, terutama ruangan kelas. Ruangan kelas menjadi tempat dimana pelajar ataupun mahasiswa menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah maupun universitas. Namun, karena terbatasnya sumber daya yang dimiliki oleh pihak penyedia layanan pendidikan, maka diperlukan analisa terhadap atribut kelas yang memiliki dampak terhadap performa menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA). Penelitian ini akan mendeskripsikan persepsi mahasiswa mengenai atribut-atribut yang ada di ruangan kelas serta dampak yang ditimbulkan oleh masing-masing atribut. Dampak atribut kemudian akan dilihat apakah memiliki hubungan dengan performa mahasiswa atau tidak. Penelitian ini memiliki 296 orang responden yang merupakan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang terdiri dari tiga program studi, yakni: Manajemen, Akuntansi, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah atribut-atribut kelas memiliki pengaruh yang berbeda-beda pada performa mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 04:13 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 01:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6128 |
Actions (login required)
View Item |