Gemilang, Muhammad Hafizh (2018) Konstruksi Realitas Tokoh Ketua Fpi Rizieq Shihab Di Republika Dan Suara Pembaruan Edisi 19 April - 3 Mei 2017. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Rizieq Shihab yang merupakan ketua Front Pembela Islam (FPI) menjadi sosok yang paling banyak dicari sepanjang 2017 menurut BBC Indonesia. Sosoknya sebagai pemimpin FPI ini, digadang-gadang menjadi aktor dibalik kemenangan pemimpin muslim dan kebangkitan umat Islam saat Pilkada DKI 2017 berlangsung. Naas, pasca Pilkada DKI 2017, sosoknya terlibat kasus dugaan percakapan mesum dan hingga penelitian ini selesai kasus ini tidak kunjung selesai. Penelitian ini dilakukan sepanjang periode 19 April hingga 3 Mei 2017, karena merupakan satu minggu sebelum dan sesudah Rizieq Shihab pergi dari Indonesia untuk melakukan ibadah Umroh dan hingga penelitian ini selesai sosoknya belum kembali ke Indonesia untuk memenuhi panggilan Polisi. Dalam penelitian ini, peneliti memiliki tujuan untuk melihat bagaimana proses pembingkaian tokoh yang dilakukan oleh Republika dan Suara Pembaruan terhadap sosok Rizieq Shihab selama periode penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan model analisis framing Robert Entman. Adapun hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang cukup kontras antar kedua media. Di mana Republika cenderung tidak membahas kasus dugaan percakapan mesum Rizieq Shihab dengan Firza Husein dan Suara Pembaruan justru lebih dari sekali memberitakan kasus tersebut. Selain itu, Republika memberitakan sosok Rizieq Shihab sebagai tokoh penting di balik kebangkitan Umat Islam, sedangkan Suara Pembaruan memberitakan sosoknya sebagai pelaku ceramah provokatif dan mangkir dari panggilan polda.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Rizieq Shihab, Republika, Suara Pembaruan, Framing |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 394 Special Occasions, Formal Ceremonies, Festival, Fairs, Parades, Graduation |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 03:24 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 01:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6154 |
Actions (login required)
View Item |