Yuhardhi, Nabila Alya (2018) Strategi Kampanye Kesehatan Dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat Masyarakat (Studi Kasus : Kampanye Germas Terhadap Masyarakat Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Tahun 2016-2018). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kampanye merupakan kegiatan komunikasi secara terencana yang lebih terbuka, toleran, memiliki waktu terbatas, program yang jelas, persuasif, berkonotasi positif, dan dapat diketahui dengan jelas komunikatornya. Judul skripsi ini adalah “Strategi Kampanye Kesehatan dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat Masyarakat” dengan studi kasus pada kampanye Germas terhadap masyarakat Kec. Sepatan Timur, Kab. Tangerang, Prov. Banten, Tahun 2016-2018. Kampanye Germas diciptakan pertama kali oleh Kemenkes RI, di mana lembaga pemerintah tersebut melihat akan tingkat kesehatan Indonesia yang masih krisis. Maka dari itu, dibuatlah kampanye Germas ini untuk meingkatkan pola hidup sehat masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh Kemenkes RI dalam melakukan kampanye Germas, Tahun 2016-2018. Model penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang diambil berupa metode studi kasus dengan objek penelitiannya yaitu Kampanye Germas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan beberapa narasumber dari pihak Kemenkes RI serta melakukan observasi di lapangan. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan berasal dari Model Miles and Huberman. Setelah wawancara dan observasi, hasil penelitian yang didapat yaitu kampanye ini menggunakan strategi kampanye dari Anne Gregory untuk mempersuasi masyarakat dalam mengatur pola hidup sehat. Strategi tersebut berawal dari menganalisis situasi menggunakan SWOT dan PEST, menetapkan tujuan, target sasaran, lokasi dan waktu, sumber daya atau pembicara, mengemas pesan yang disampaikan, merencanakan strategi, me-monitoring, pelaksanaan taktik kampanye, hingga melakukan evaluasi setelah kampanye.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Kampanye, Kementerian Kesehatan RI, Strategi Kampanye, Kampanye Kesehatan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 02:22 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6157 |
Actions (login required)
View Item |