Prawiraatmadja, Mohammad Ashari (2014) Pengaruh kenyamanan, kebutuhan sosial, dan pengaruh sosial terhadap ketergantungan penggunaan dan implikasinya pada perilaku pembelian ponsel blackberry. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ketergantungan konsumen dan perilaku pembelian dari Ponsel Blackberry setelah munculnya pesaing yang kuat dari ponsel berbasis Android dan Ponsel dari Apple iPhone, dimana sebelumnya Blackberry sempat mendominasi pasar smartphone di Indonesia. Penulis mendapatkan beberapa variabel eksogen yang dapat membantu melihat faktor dari ketergantungan dan implikasinya terhadap perilaku pembelian yaitu convenience, social needs, dan social influence. Dalam penelitian ini terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki calon responden untuk menjadi responden pada penelitian ini yaitu, mereka minimal harus mempunyai Ponsel Blackberry dengan penggunaan minimal sudah 3 bulan atau lebih dan minimal sudah berusia 17 tahun. Pada penelitian ini, data yang sudah didapat akan diolah menggunakan aplikasi program Lisrel versi 8.8. Peneliti menggunakan Lisrel versi 8.8 karena dalam penelitian ini terdapat lebih dari satu persamaan linear dimana terdapat lebih dari satu variabel endogen. Variabel endogen pada penelitian ini terdiri dari dependency dan purchase behaviour. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hanya convenience yang terbukti signifikan mempengaruhi dependency dan dependency terbukti signifikan mempengaruhi purchase behaviour dari penggunaan ponsel Blackberry karena mempunyai nilai t-value diatas 1,96. Sedangkan social needs dan social influence terbukti tidak signifikan mempengaruhi dependency penggunaan ponsel Blackberry karena mempunyai nilai t-value dibawah 1,96. Saran penulis untuk membuat social needs dan social influence menjadi berpengaruh terhadap dependency konsumen adalah dengan lebih menekankan berkerja sama dengan lebih banyak pembuat aplikasi yang juga sudah bekerja sama dengan ponsel android dan iPhone, kemudian sering mengadakan promo di tempat dan waktu yang strategis untuk meningkatkan kembali awareness konsumen terhadap ponsel Blackberry.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 177 Ethics of social relations 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 07:57 |
Last Modified: | 15 May 2023 08:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/641 |
Actions (login required)
View Item |