Analisis pengaruh affective commitment dan continuous commitment terhadap employee engagement serta implikasinya terhadap employee loyalty: telaah pada karyawan IDS Medical Systems Indonesia

Halim, Olfin Sandra (2018) Analisis pengaruh affective commitment dan continuous commitment terhadap employee engagement serta implikasinya terhadap employee loyalty: telaah pada karyawan IDS Medical Systems Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
SKRIPSI OLFIN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Indonesia menduduki posisi lima besar dengan jumlah populasi terbesar di dunia. Dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk, tentu saja meningkatkan potensi yang sangat besar untuk industri alat kesehatan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan penduduk.. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang tingkat employee loyalty dari karyawan IDS Medical Systems Indonesia yang diukur melalui tiga variabel yakni affective commitment, continuous commitment dan employee engagement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari affective commitment terhadap employee engagement, continuous commitment terhadap employee engagement terhadap employee loyalty yang telaahnya kepada karyawan IDS Medical Systems Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan metode non-probability. Melalui teknik judgemental sampling, pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada karyawan IDS Medical Systems Indonesia. Data yang sudah terkumpul lalu diolah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dari affective commitment terhadap employee engagement dengan hasil standard coefficient 0.595 dan P Value sebesar 0.000, terdapat pengaruh negatif dari continuous commitment terhadap employee engagement dengan hasil standard coefficient -0.030 dan data tidak mendukung karena memiliki P Value sebesar 0.710 dan yang terakhir terdapat pengaruh positif dari employee engagement terhadap employee loyalty dengan hasil standard coefficient 0.789 dan P Value sebesar 0.000. Saran dari penelitian ini adalah perusahaan diharapkan meningkatkan employee engagement dengan lebih melibatkan karyawan terhadap kehidupan di perusahaan, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan employee loyalty melalui memberikan kesempatan berkembang dalam bekerja, menciptakan suasana kerja yang mendukung dan karyawan dapat memiliki ikatan secara emosional terhadap perusahaan dan memberikan penawaran (offering) yang sesuai tau adil kepada karyawan dapat ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan loyalitas karyawan untuk tetap tinggal di dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:52
Last Modified: 18 Apr 2023 01:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item