Hendriyani, Yayuk (2018) Analisis pengaruh rapport, trust, dan commitment terhadap coaching effectiveness: Telaah pada karyawan Kompas Gramedia group. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Meningkatnya industri kreatif di Indonesia tak luput dari perkembangan teknologi yang sudah seperti sekarang ini, media massa merupakan salah satu dari 15 golongan industri kreatif yang ada di Indonesia. Perubahan tersebut dimulai dari perubahan media cetak menjadi media online yang harus membuat industri ini beradaptasi untuk tetap bertahan. Tren pemusatan kepemilikan juga menjadi salah satu pembahasan dalam industri ini, karena industri media massa saat ini dikuasai oleh 3 perusahaan besar media yaitu Jawa Post Group, Kompas Gramedia Group dan MNC Group. Pencapaian dari perusahaan-perusahaan tersebut hingga menjadi seperti saat ini tak luput dari sistem manajemen yang mereka lakukan, salah satunya manajemen SDM. Pengembangan SDM sangat penting untuk dilakukan karena akan sangat mempengaruhi masa depan perusahaan juga mempengaruhi SDM-nya itu sendiri. Coaching merupakan salah satu program pengembangan yang digunakan oleh Kompas Gramedia Group untuk mengembangkan karyawannya. Dalam program coaching, ada beberapa kendala yang membuat coaching tidak berjalan dengan efektif, dimana kendala tersebut berkaitan dengan hubungan yang terjalin diantara coach dan coachee. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh rapport, trust dan commitment terhadap coaching effectiveness. Dengan tujuan apakah benar bahwa hubungan memang berpengaruh terhadap keefektifaan coaching. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan metode nonprobability. Melalui teknik judgemental sampling, pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada karyawan Kompas Gramedia Group, dan hasilnya kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel rapport memiliki pengaruh terhadap coaching effectiveness, dimana pada uji statistik nilai thitung menunjukkan angka 8.293 dan lebih besar dari nilai ttabel 1.990. Variabel trust memiliki pengaruh terhadap coaching effectiveness, dimana pada uji statistik nilai thitung menunjukkan angka 7.447 dan lebih besar dari nilai ttabel 1.990. Variabel commitment memiliki pengaruh terhadap coaching effectiveness, dimana pada uji statistik thitung menunjukkan angka 5.426 dan lebih besar dari nilai ttabel 1.990.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 01:54 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6478 |
Actions (login required)
View Item |