Putri, Andhita Wahyu (2018) Perancangan Kampanye Sosial Penggunaan Kosmetik Cruelty Free Pada Wanita Di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Cruelty free makeup merupakan sebuah solusi berupa produk yang terbentuk dari adanya pelanggaran dalam praktek pengujian hewan untuk kosmetik. Produk-produk cruelty free makeup kemudian mulai menjadi bagian hidup bagi beberapa orang namun belum banyak masyarakat yang menyadari hal ini. Salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam bidang komunikasi visual yaitu menggunakan kampanye sosial. Rumusan masalah yang dijabarkan yaitu tentang bagaimana perancangan kampanye sosial penggunaan kosmetik cruelty free pada wanita di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method. Perancangan kampanye sosial ini menggunakan konsep malaikat pelindung. Konsep malaikat pelindung dipilih untuk menggambarkan sifat pengguna cruelty free makeup. Strategi yang digunakan yaitu storytelling. Perancangan ini menghasilkan desain visual kampanye sosial yang akan berlangsung selama 6 bulan dengan acara puncak pada bulan Oktober. Desain menggunakan media online maupun offline yaitu iklan media sosial, social media post, tampilan website, poster, flyer, x-banner, stiker dan gantungan kunci. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menyampaikan pesan untuk menggunakan cruelty free makeup pada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | kampanye sosial, makeup, cruelty free |
Subjects: | 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 02:32 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 12:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6619 |
Actions (login required)
View Item |