Atika, Atika (2018) Perancangan Buku Pop Up Pengenalan Satwa Payung Indonesia Untuk Anak-Anak Usia 8-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Satwa Payung Indonesia memiliki peran lebih bila dibandingkan dengan satwa lainnya terutama dalam melindungi dan menjaga kestabilan ekosistem serta memiliki peran penting untuk kehidupan manusia sehari-hari. Namun peran penting satwa payung tidak diketahui oleh anak khususnya usia 8-12 tahun dan pada pendidikan Sekolah Dasar, satwa payung bukan merupakan bagian dari kurikulum. Padahal penting untuk diketahui sejak dini mengenai keberadaaan dan manfaat penting dari setiap satwa payung yang juga berada di Indonesia. Perancangan buku pop up "Jelajah Dunia Satwa Payung Indonesia" dibuat sebagai media edukasi yang dapat mengenalkan enam Satwa Payung Indonesia kepada anak-anak. Pada proses penelitian, dilakukan beberapa metode seperti wawancara, focus group discussion, penyebaran kuesioner dan studi eksisting. Dalam melakukan perancangan digunakan metode Salisbury (2004) dalam membuat buku pop up yang diawali dengan pembuatan sketsa, pembuatan dummy dengan kertas kosong, proses digitalisasi dan diakhiri dengan test print. Perancangan ini menghasilkan buku pop up "Jelajah Dunia Satwa Payung Indonesia" dengan jumlah 8 spread berukuran 54 cm x 21 cm yang menggunakan gaya ilustrasi semi realis dan warna cerah. Selain itu pada bagian sampul digunakan hard cover dengan tambahan lenticular printing.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Buku, Pop up, Satwa Payung Indonesia |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 090 Manuscripts and Rare Books > 096 Books notable for illustrations 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 06:26 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 01:14 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6630 |
Actions (login required)
View Item |