Perancangan Interaktivitas Pada Komik Digital Interaktif Berjudul “S(H)ARING”

Alifirani, Ayu Erlyanda (2018) Perancangan Interaktivitas Pada Komik Digital Interaktif Berjudul “S(H)ARING”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (733kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Hoaks sekarang tersebar luas di media sosial. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena berita hoaks bisa menimbulkan beberapa dampak buruk. Oleh karena itu masyarakat Indonesia membutuhkan pembelajaran mengenai cara menghindari hoaks, terutama bagi kalangan pelajar. Komik interaktif terbukti menjadi salah satu media yang efektif untuk edukasi dan menyebarkan informasi. Penulis menggunakan survei dan teori dasar mengenai komik, interaktivitas, dan UI/UX sebagai dasar pengerjaan proyek S(h)aring. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi yang akan disebarkan melalui Google Play Store agar mudah diakses oleh banyak orang. Hasil test komik interaktif ini terbukti membuat remaja lebih sadar akan bahaya hoaks, bahaya menyebarkan hoaks, dan lebih tahu cara memverifikasi kebenaran suatu berita. Hal ini membuktikan bahwa komik interaktif S(h)aring bisa dipakai sebagai media edukasi terutama mengenai hoaks.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Hoaks, komik interaktif, UI, UX, media pembelajaran
Subjects: 700 Arts and Recreation > 700 Arts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Oct 2020 06:36
Last Modified: 17 May 2022 02:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6633

Actions (login required)

View Item View Item