Go, Christopher (2018) Perancangan 3D Environment pada Game Rakshati. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata yang terkenal didunia, namun beberapa lokasi pariwisata di Bali terdapat penurunan lama tinggal wisatawan terutama pada lokasi Candi Gunung Kawi. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena dapat mengurangi ketenaran pada lokasi tersebut. Mobile games merupakan salah satu media yang banyak dimainkan oleh masyarakat, oleh karena itu media ini memiliki potensi untuk menjadi media yang efektif untuk memeberikan informasi. Dalam memberikan sebuah informasi yang baik dapat dilakukan melalui environment. Penulis menggunakan studi eksisting dan teori dasar mengenai environment planning, 3D modelling, UVW unwrapping, texturing, Candi Gunung Kawi, struktur Tri-Mandala, bagan pura dan subak sebagai landasan dalam perancangan game “Rakshati”. Hasil akhir dari perancangan ini berupa sebuah aplikasi yang akan dimasukan kedalam Google Play Store sehingga dapat diunduh oleh banyak orang. Hasil test dari perancangan game “Rakshati” telah menujukan bahwa mayoritas tester dapat mengetahui bahwa pada game “Rakshati” mengangkat lokasi Candi Gunung Kawi. Hal ini membuktikan bahwa game “Rakshati” dapat dipakai sebagai media informatif tentang pada suatu lokasi tertentu.Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata yang terkenal didunia, namun beberapa lokasi pariwisata di Bali terdapat penurunan lama tinggal wisatawan terutama pada lokasi Candi Gunung Kawi. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena dapat mengurangi ketenaran pada lokasi tersebut. Mobile games merupakan salah satu media yang banyak dimainkan oleh masyarakat, oleh karena itu media ini memiliki potensi untuk menjadi media yang efektif untuk memeberikan informasi. Dalam memberikan sebuah informasi yang baik dapat dilakukan melalui environment. Penulis menggunakan studi eksisting dan teori dasar mengenai environment planning, 3D modelling, UVW unwrapping, texturing, Candi Gunung Kawi, struktur Tri-Mandala, bagan pura dan subak sebagai landasan dalam perancangan game “Rakshati”. Hasil akhir dari perancangan ini berupa sebuah aplikasi yang akan dimasukan kedalam Google Play Store sehingga dapat diunduh oleh banyak orang. Hasil test dari perancangan game “Rakshati” telah menujukan bahwa mayoritas tester dapat mengetahui bahwa pada game “Rakshati” mengangkat lokasi Candi Gunung Kawi. Hal ini membuktikan bahwa game “Rakshati” dapat dipakai sebagai media informatif tentang pada suatu lokasi tertentu.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | environment, mobile game, candi Gunung Kawi, media informatif |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 301 Sociology and anthropology 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 794 Indoor Games of Skill |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 02:58 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 07:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6658 |
Actions (login required)
View Item |