Raharjo, Clarissa Laurenda (2018) Perancangan Karakter Visual Novel Interaktif yang Diadaptasi dari Kisah Panji Semirang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kisah Panji Semirang merupakan kisah Panji yang unik dan paling terkenal di antara hikayat panji lainnya. Kisah ini dapat diadaptasi dan disampaikan dengan media visual novel interaktif. Visual novel merupakan novel digital yang dilengkapi dengan gambar atau visual. Salah satu unsur visual yang penting dalam visual novel atau VN adalah desain karakter. Desain karakter dibutuhkan sebagai salah satu bagian dari pengalaman imersi yang dirasakan pengguna ketika membaca visual novel. Perancangan mula-mula dilakukan dengan membentuk kepribadian karakter tersebut, yang dimulai dari mengenali beberapa archetype umum yakni hero, shadow, fool, anima/animus, mentor, trickster. Kepribadian karakter merupakan dasar dari perancangan dan tidak kalah penting dari perancangan desain secara visual. Proses perancangan visual karakter antara lain membuat siluet, thumbnail, menentukan bentuk karakter, dan menentukan warna.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | visual novel interaktif, desain karakter, visual, kepribadian karakter |
Subjects: | 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 398 Folklore 700 Arts and Recreation > 700 Arts 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 04:30 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 01:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6661 |
Actions (login required)
View Item |