Xavier, Xavier (2014) Analisis pengaruh brand community affect, brand community trust, terhadap repurchase intention dan positive word of mouth, melalui brand community commitment (suatu studi pada komunitas iphone macclubindonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pertumbuhan teknologi yang paling jelas terlihat dan dirasakan oleh kita adalah ketika handphone masih menjadi hal yang mewah dan hanya kalangan tertentu saja yang memilikinya. Akan tetapi seiring kemajuan teknologi, sekarang ini handphone bukan menjadi barang mewah. Handphone sudah dapat dibeli dan digunakan oleh semua lapisan masyarakat. Dari banyak perusahaan teknologi dunia, ada satu perusahaan yang sangat terkenal dengan inovasi yang terus mereka lakukan, perusahaan tersebut adalah Apple, Apple adalah perusahaan teknologi yang berpusat di Silicon Valey, Cupertino, California. Salah satu produk yang masih segar yang baru masuk Indonesia pada tanggal 25 Januari 2014 ini adalah Iphone 5S, iphone generasi ke 5 yang memiliki teknologi finger print system, dan menggunakan bahan kaca safir anti gores di home button yang juga merupakan tempat sensor finger print, dan merupakan smartphone pertama yang memakai prosesor 64-bit. Permasalahan dalam penelitian ini diajukan untuk mengetahui apakah Repurchase Intention dan Positive Word Of Mouth pengguna Iphone, dipengaruhi oleh Brand Community Affect, Brand Community Trust, dan Brand Community Commitment. Model teoritis dalam penelitian ini disampaikan dengan 4 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel penelitian ini adalah 105 responden pria/wanita yang berumur minimal 17 tahun, yang merupakan pengguna Iphone, dan sudah tergabung dalam komunitas Macclubindonesia minimal 3 bulan. Sebuah kuesioner didesain untuk mengumpulkan Informasi dari para anggota komunitas Macclubindonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa Brand Community Trust dan Brand Community Commitment berpengaruh positif terhadap Repurchase Intention dan Positive Word Of Mouth. Sedangkan Brand Community Affect tidak memiliki pengaruh terhadap Repurchase Intention dan Word Of Mouth.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 09:28 |
Last Modified: | 16 May 2023 02:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/681 |
Actions (login required)
View Item |