Kampanye Sosial Donor Darah untuk Memenuhi Kebutuhan Kantung Darah Bagi Pasien Thalassemia di Tangerang

Sutanto, Jennyfer Alberrica (2019) Kampanye Sosial Donor Darah untuk Memenuhi Kebutuhan Kantung Darah Bagi Pasien Thalassemia di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (16MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (770kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Thalassemia merupakan penyakit kronis yang diderita seumur hidup dan satu-satunya cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan melakukan transfusi darah yang membutuhkan 4 kantung darah dalam 2 bulan. Transfusi darah ini bila tidak dilakukan, maka penderita Thalassemia akan kehilangan nyawanya. Pendonor di PMI Tangerang mengalami penurunan sebanyak 50% pada bulan Ramadhan hingga 10 hari setelah Idul Fitri. Selain itu, masih banyak masyarakat yang mengurungkan niat untuk donor darah karena berpegang teguh pada mitos-mitos yang tidak benar mengenai donor darah. Perancangan kampanye sosial ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai penyakit Thalassemia kepada masyarakat agar dapat mencegah menurunnya gen Thalassemia kepada anak mereka, memberi edukasi kepada masyarakat mengenai donor darah serta manfaatnya, dan menyediakan pendonor tetap bagi pasien Thalassemia yaitu pada bulan Ramadhan hingga Idul Fitri agar pasien dapat melakukan transfusi darah. Kampanye sosial yang dilakukan dengan mengedukasi masyarakat dan mengumpulkan 4 pendonor tetap bagi 1 penyitas Thalassemia dalam 2 bulan ketika Ramadhan hingga idul Fitri. Media yang digunakan dalam kampanye sosial ini adalah media utama digital berupa Instagram, infografis sebagai media utama cetak. Media poster, ads banner, dan merchandise sebagai media pendukung.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Thalassemia, kampanye, donor darah
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures
300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures > 344.04 Public Health
600 Technology (Applied Sciences) > 610 Medicine and Health > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:39
Last Modified: 08 Apr 2023 06:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item