Perancangan Kampanye Sosial Mengurangi Penggunaan Antibiotik Pada Penyakit Harian Anak

Livia Widyanto, Christa (2019) Perancangan Kampanye Sosial Mengurangi Penggunaan Antibiotik Pada Penyakit Harian Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (718kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Antibiotik dapat menyembuhkan penyakit dengan membunuh bakteri dalam tubuh, namun jika digunakan berlebihan akan menimbulkan resistensi antibiotik. Terdapat kesalahan berpikir pada masyarakat bahwa antibiotik adalah obat segala penyakit. WHO dan Kemenkes Indonesia, Nila Moeloek, menyatakan bahwa resistensi antibiotik merupakan ancaman serius dan memerlukan tindakan pencegahan sejak dini, saat masih anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan perancangan kampanye sosial sebagai bentuk komunikasi efektif kepada masyarakat luas. Pengumpulan data akan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi, wawancara dengan dokter spesialis anak, dan dengan Yayasan Orang Tua Peduli. Perancangan desain akan dilakukan dalam 5 tahapan menurut Landa, yaitu orientasi, analisis, konsep, desain, dan implementasi. Ide dari kampanye ini adalah kebiasaan yang berbahaya, menggambarkan kebiasaan orang tua yang terlihat sepele namun ternyata mengancam nyawa di kemudian hari. Media utama yang digunakan adalah website, dengan media lainnya yaitu poster, ads banner, dan media sosial. Harapannya melalui kampanye ini, kesadaran orang tua muda semakin sadar agar memahami bahaya penggunaan antibiotik yang berlebihan pada anak serta bagaimana menggunakannya secara bijak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kampanye sosial, resistensi, antibiotik, anak.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 649 Child Care, Parenting, Child Clothing and Health, Moral Training
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:53
Last Modified: 05 May 2023 00:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7044

Actions (login required)

View Item View Item