Blasius, Ryan (2015) Analisa implementasi program corporate social responsibility sekolah athalia (studi kasus pada program sekolah gratis pinus). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Aktivitas evaluasi penting dilakukan oleh suatu perusahaan/organisasi dalam setiap pelaksanaan program Corporate Social Responsibility, untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari program, serta dapat mengetahui berbagai permasalahan ataupun kekurangan yang ada dalam masa pelaksanaan program. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program Corporate Social Responsibility “Sekolah Gratis PINUS”, terkait pada munculnya isu kristenisasi pada awal pelaksanaan program Penelitian ini menggunakan teori dan konsep yang berkaitan dengan model perencanaan dan evaluasi CSR, yakni model tingkatan perencanaan dan indikator evaluasi oleh Dale, CSR Process Model oleh Commbs dan Holladay, konsep corporate communication oleh Argenti dan Cutlip, serta konsep-konsep CSR lainnya oleh Kotler, Susanto, dan Untung Metode Penelitian yang dipakai adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif evaluatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada 2 narasumber yaitu humas pelaksanaan program “Sekolah Gratis PINUS” dan Direktur Sekolah Athalia, serta sejumlah orang tua murid Sekolah PINUS berjumlah 13 orang untuk mengetahui respon mereka mengenai pengadaan Sekolah PINUS serta isu kristenisasi yang muncul. Hasil penelitian menunjukan bahwa benar pada awal pelaksanaan program “Sekolah Gratis PINUS” terdapat isu kristenisasi yang muncul di masyarakat kampung sekitar, namun keberadaan isu tersebut ternyata tidak menjadi ancaman yang besar bagi keberlangsungan program. Bagi masyarakat image Athalia sebagai sekolah Kristen sebenarnya tidak menjadi permasalahan bagi mereka. Keberadaan PINUS sebagai sekolah yang dapat memberikan pendidikan gratis dan berkualitas sudah cukup bagi mereka, sehingga isu kristenisasi yang ada hanyalah pada kalangan tertentu saja di masyarakat kampung sekitar, yang tidak menyukai atau bahkan yang cemburu dikarenakan tidak bisa menikmati program sekolah gratis tersebut
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 03:56 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 06:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/711 |
Actions (login required)
View Item |