Shinta, Shinta (2012) Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada restoran sushi-tei alam sutra. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan price berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Restoran Sushi Tei Alam Sutra. Populasi dalam penelitian ini adalah seluru konsumen Restoran Sushi Tei Alam Sutra. Sampel yang diambil sebanyak 145 responden dengan menggunakan teknik Probability Sampling dengan pendekatan Judgemental sampling, yaitu Sampel yang dipilih berdasarkan penilaian peneliti bahwa dia adalah pihak yang paling baik untuk dijadikan sampel penelitiannya. Berdasarkan hasil penelitiannya, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,324 X1 + 0,202 X2 + 0,172 X3 + 0,218 X4 + 0,115 X5 + 0,302 X6. Berdasarkan analiasis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan pendistribusian normal. Urutan secara inividu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel tangible dengan koefisien regresi sebesar 0,324, lalu price dengan koefisien regresi sebesar 0,302 , kemudian diikuti assurance dengan koefisien regresi sebesar 0,218, selanjutnya reliability dengan kofisien regresi sebesar 0,202, diikuti oleh responsiveness sebesar 0,172, sedangkanvariabel yang berpengaruh paling rendah adalah emphaty dengan koefisien regresi sebesar 0,115. Restoran Sushi Tei Alam Sutra perlumempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang. Berdasarkan persamaan regresi dapat dilihat bahwa empati merupakan variabel yang paling kecil dalam mempengaruhi kepuasan konsumen, maka itu penulis menyarankan kepada Restoran Sushi Tei untuk meningkatkan perhatian secara individu kepada konsumen, salah satunya dengan memberikan ucapan ulang tahun kepada konsumen atau hal lan yang bersifat pendekatan pribadi, sehingga dapat terjadi ikatan yang baik antara karyawan dengan konsumen. Begitu juga dengan variabel-variabel lainnya yang tentunya juga harus ditingkatkan pelayanannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 642 Meals and Table Service (Restaurant Management) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 03:07 |
Last Modified: | 16 May 2023 00:49 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/721 |
Actions (login required)
View Item |