Ardiyana, Novia Ratna (2018) perancangan rigging pada tokoh barong dalam animasi pendek 3d "kosala". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dewasa ini animasi di Indonesia semakin berkembang, salah satunya adalah animasi 3D. Gerakan pada tokoh animasi tak lepas dengan adanya kerja dari para rigger. Rigging merupakan salah satu tahapan dalam produksi pembuatan animasi yang dibentuk berdasarkan susunan anatomi pada umumnya. Pada tugas akhir ini, penulis membahas mengenai sistem rigging yang akan di aplikasikan pada tokoh Barong dalam animasi pendek 3D yang berjudul “Kosala”. Barong merupakan salah satu kesenian terkenal dari Bali. Barong terkenalnya sebagai hewan mistis yang memiliki banyak bentuk, salah satunya adalah Barong Ket. Tokoh Barong pada animasi pendek ini memiliki anatomi dasar berupa singa dengan perpaduan sapi, yang merupakan hewan dengan kaki 4 (empat) sehingga membutuhkan rigging yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Animasi, 3D, anatomi, rigging, Barong. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 08:34 |
Last Modified: | 02 May 2023 06:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7379 |
Actions (login required)
View Item |