Tridarma, Chrisliani Novia (2015) Strategi kampanye kota Bandung (studi kasus Kampanye SayangBandung periode November 2014 - Oktober 2015). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus dengan dua teknik pengumpulan data. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara dan pengumpulan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Metode triangulasi yang digunakan adalah triangulasi data, yaitu sumber data dari hasil wawancara, dokumen, dan literatur terkait. Dalam merumuskan strategi kampanye, Patterson dan Radtke (2009) merumuskan tujuh tahapan, yaitu dimulai dari persiapan perencanaan, analisis situasi, menentukan target audience, menentukan objektif komunikasi, merumuskan pesan, merumuskan strategi komunikasi, dan melakukan evaluasi. Ketujuh tahapan inilah yang digunakan untuk membahas strategi kampanye SayangBandung Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas SayangBandung telah melakukan enam dari tujuh langkah perumusan strategi komunikasi, yaitu persiapan perencanaan, analisis situasi, menentukan target audience, menentukan objektif komunikasi, merumuskan pesan, dan merumuskan strategi. Strategi kampanye yang digunakan adalah memaksimalkan penggunaan media sosial Twitter, menggunakan third party endorsement, dan memanfaatkan isu publik untuk menarik perhatian.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 307 Communities (Incl. Indigenous, Rural, Suburban and Urban Communities) 300 Social Sciences > 320 Political science > 324 Political Process (Incl. Election Systems and Procedures, Votings) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 May 2017 11:33 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 05:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/76 |
Actions (login required)
View Item |