Alfate, Alfate (2018) perancangan sound design dalam game “dekapan”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam budaya, yang salah satunya adalah pada dunia mistikalnya. Salah satu legenda dunia mistikalnya yang terkenal adalah legenda Wewe Gombel. Meski cukup dikenal, namun cerita Wewe Gombel jarang sekali diangkat. Untuk melestarikan legenda tersebut, dibutuhkan media yang efektif untuk menyebarkan informasi. Dalam hal ini, game merupakan medium yang cocok. Alasannya adalah karena pesatnya perkembangan dunia game Indonesia yang membuat masyarakat semakin mudah menjangkau medium game. Salah satu aspek terpenting dalam game adalah aspek suara. Proses pembuatannya disebut sound design yang salah satu cakupannya adalah background music (BGM). Dalam sebuah game, BGM berperan untuk memperkuat imersi dan emosi yang dialami pemain. Selain itu, BGM juga dapat memberikan identitas bagi karakter yang ada di dalamnya. Dengan BGM, sosok Wewe Gombel bisa diberikan identitas suara yang berbeda. Pemberian identitas yang unik pun akan membuatnya lebih melekat dan mudah dibedakan dari yang lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering > 621 Applied Physics 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 794 Indoor Games of Skill |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 03:02 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 09:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7748 |
Actions (login required)
View Item |