Rosemary, Jennifer (2018) rebranding rumah batik palbatu melalui perancangan identitas visual. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sejak batik diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda yang berasal dari Indonesia pada 2 Oktober 2009, nama batik pun semakin terangkat di mata masyarakat. Hal ini sekaligus menjadi tanda bahwa masyarakat Indonesia harus menurunkan tradisi batik ke generasi yang lebih muda. Rumah Batik Palbatu didirikan dengan semangat pelestarian batik, yang mengajarkan dan mengedukasi mengenai cara pembuatan batik, sekaligus membangun lagi daerah Palbatu yang sebelumnya dikenal sebagai salah satu produsen batik di Jakarta. Kelebihan dari Rumah Batik Palbatu adalah mengutamakan edukasi dibanding penjualan kain batik itu sendiri, serta pengajarannya yang akrab dan menyenangkan. Penyandang disabilitas pun difasilitasi untuk belajar membatik. Sayangnya nama dari Rumah Batik Palbatu tidak mencerminkan tujuan, sejarah serta penawaran yang diberikan. Logonya sendiri pun masih terlihat kuno sehingga tidak sesuai dengan target audiens dari Rumah Batik Palbatu. Oleh karena itu dibutuhkan rebranding lewat perancangan identitas visual untuk menyesuaikan nama, nilai serta penawaran Rumah Batik Palbatu. Adapun dalam perancangan ini digunakan metode penelitian gabungan kuantitatif dan kualitatif agar diperoleh hasil yang lebih akurat dan mendalam, namun dengan banyak testimoni.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 700 Arts > 701 Philosophy and theory of fine and decorative arts 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 08:31 |
Last Modified: | 23 May 2022 03:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/7844 |
Actions (login required)
View Item |