Jessica, Jessica (2013) Pengaruh terpaan iklan televisi magnum gold?! terhadap motivasi khalayak membeli produk magnum gold?! (survei khalayak pada mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara fakultas ilmu komunikasi angkatan 2012). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dengan adanya globalisasi, aktivitas pemasaran menjadi semakin kompleks. Faktor-faktor lingkungan yang berbeda antara negara yang satu dengan yang lainnya perlu dipertimbangkan oleh setiap perusahaan multinasional. Faktorfaktor, terutama budaya, menciptakan kesempatan, sekaligus ancaman bagi perusahaan multinasional dalam memasarkan produknya di pasar yang berbeda. Unilever merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang fast moving consumer goods. Perusahaan ini memiliki lebih dari 400 brand, salah satunya adalah Wall’s. Beberapa tahun terakhir, salah satu produk Wall’s, yakni Wall’s Magnum diluncurkan kembali. Wall’s Magnum tertantang untuk membuat Magnum terbaik, dan kemudian lahirlah Magnum Gold?!. Dimulai dari Eropa Barat, Eropa Tengah, dan Eropa Timur, Magnum Gold?! dipasarkan di 29 negara pada 2010, yang menjadikan ini sebagai kampanye terbesar dari Magnum secara geografis. Pada 19 September 2012, es krim emas pertama di dunia ini hadir di Indonesia. Sejak peluncuran kembali brand Wall’s Magnum, setiap kegiatan pemasaran yang dilakukan—termasuk iklan—menggunakan materi yang sama di setiap negara, dengan modifikasi bahasa. Penelitian ini ingin menguji apakah terpaan iklan televisi Magnum Gold?! yang digunakan secara global memengaruhi motivasi khalayak Indonesia membeli produk Magnum Gold?!. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer, yakni kuesioner yang disebarkan ke 172 responden—mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan 2012. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa terpaan iklan televisi Magnum Gold?! memengaruhi motivasi khalayak membeli produk Magnum Gold?! sebesar 59%. Dapat dikatakan, iklan televisi Magnum Gold?! yang digunakan secara global oleh perusahaan multinasional Unilever tetap dapat memengaruhi motivasi khalayak membeli produk Magnum Gold?!, tanpa mengalami kendala perbedaan budaya, terutama bahasa.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 08:02 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:57 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/818 |
Actions (login required)
View Item |