Kurniawan, Timothy Gerard Zoshel (2015) Strategi marketing public relations pt pertamina (persero) dalam memperkuat brand awareness pertamax di tangerang selatan (periode september 2013 – september 2014). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Masalah yang terjadi di dalam masyarakat Indonesia dalam menggunakan bahan bakar kendaraan yakni selalu mengisi bahan bakar yang disubsidi pemerintah. Tidak hanya masyarakat Indonesia, aparat pemerintah juga menggunakan subsidi bahan bakar tersebut untuk kendaraannya. Dengan itu, subsidi BBM menjadi melonjak tinggi dan anggaran belanja pemerintah menjadi membengkak sehingga alokasi dana tidak dapat merata. Karena penggunaan BBM subsidi sudah melekat dalam benak masyarakat, diperlukan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk dapat beralih menggunakan bbm nonsubsidi yakni Pertamax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan PT Pertamina (Persero) dalam rangka meningkatkan brand awareness terhadap Pertamax di Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif yakni penelitian dengan menggunakan latar ilmiah dengan maksud menafsirkan keadaan yang terjadi dan dilakukan dengan melibatkan metode yang ada dengan metode wawancara dengan narasumber serta proses triangulasi untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan sudah tepat. Untuk mengetahui strategi marketing public relations PT Pertamina (Persero) dalam memperkuat brand awareness Pertamax di Tangerang Selatan, peneliti menganalisa dengan menggunakan 7 step whalen strategic. Hasil dari analisis strategi marketing public relations PT Pertamina (Persero) dalam memperkuat brand awareness Pertamax di Tangerang Selatan yakni, PT Pertamina (Persero) dan Marketing of Region III masih belum menggunakan strategi taktik yang sesuai. Semua program yang dilakukan tidak dapat merubah pola pikir dan perilaku yang mengarah pada konsumsi Pertamax yang konsisten. Dengan ini, hasil yang ditemukan oleh peneliti adalah warga Tangerang Selatan hanyalah menggunakan Pertamax selama acara/program dilaksanakan, setelah program tersebut selesai maka akan berbalik lagi menggunakan BBM bersubsidi yakni Premium.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 03:47 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
View Item |