Strategi komunikasi kampanye sosial indonesia berkibar melalui akun twitter @idberkibar (periode oktober 2012 – mei 2013)

Christina, Nita (2013) Strategi komunikasi kampanye sosial indonesia berkibar melalui akun twitter @idberkibar (periode oktober 2012 – mei 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (635kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (607kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (787kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (597kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (582kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (981kB)

Abstract

Masalah pendidikan merupakan salah satu masalah kompleks yang tengah dialami oleh Indonesia. Begitu banyak pihak yang telah peduli dengan pendidikan di Indonesia, namun rasanya belum dapat menuntaskan masalah pendidikan Indonesia. Indonesia Berkibar muncul menawarkan ide untuk menjadi wadah pertama yang menghubungkan pihak – pihak yang peduli dengan pendidikan di Indonesia untuk bersama – sama mencapai tujuan bersama, yaitu perbaikan dalam akses dan kualitas pendidikan. Dalam menjalankan kegiatannya, Indonesia Berkibar memerlukan perencanaan komunikasi yang strategis dalam merangkul dan mempersuasi khalayaknya, oleh karena itu Indonesia Berkibar melakukan kampanye sosial dalam menyebarkan ide dan nilainya.Berbeda dengan kampanye yang biasa dilakukan satu arah, , Indonesia Berkibar menggunakan social media dalam mempersuasi publiknya. Social Media yang paling diandalkan dalam sosialisasi Indonesia Berkibar adalah Twitter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan komunikasi strategis yang dilakukan oleh Indonesia Berkibar dan mendeskripsikan penggunaan Twitter sebagai salah satu taktik dalam sosialisasi Indonesia Berkibar. Peneliti menggunakan konsep dari Patterson dan Radtke tentang komunikasi strategis dalam organisasi nonprofit dan konsep dari Mathos untuk melihat taktik penggunaan Twitter dari @IDBerkibar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik analisis triangulasi sumber. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, hasil pengamatan (observasi langsung), dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian yang didapat, Indonesia Berkibar telah melakukan perencanaan komunikasi strategis seperti yang disebutkanoleh ahli Patterson dan Radtke, dimulai dari penetapan dasar dari Indonesia Berkibar, analisis situasi, penentuan objectives,penentuan target audience, pembentukan key messages, penentuan strategi dan pemilihan media serta evaluasi. Selain itu, Taktik yang dilakukan oleh Indonesia Berkibar lewat akun Twitternya berfungsi dalam empat area, yaitu Setup, Communication, Engagement, dan Measurement.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:09
Last Modified: 13 Apr 2023 05:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item