Putrianti, Aisya (2014) Pemaknaan citra pendakwah dalam tayangan dakwah di televisi oleh ibu rumah tangga. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruktivis, yaitu studi resepsi. Informan utama dalam penelitian ini adalah empat ibu rumah tangga yang dipilih berdasarkan teknik Maximum Variation, yaitu tingkat pengalaman yang berbeda-beda dari empat informan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana para ibu rumah tangga memaknai citra pendakwah dalam tayangan dakwah di televi. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah studi resepsi dengan melakukan wawancara mendalam dan meminta mereka menulis jurnal harian tentang aktivitas sehari-hari selama satu minggu. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi pemaknaan informan adalah gaya hidup dan lingkungan mereka yang agamis, ditambah dengan data pendukung dari jurnal yang mereka tulis. Dua informan memaknai pendakwah secara sama, yaitu layaknya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Sementara kedua informan yang lain memaknai pendakwah secara berbeda, yang satu menganggap pendakwah sebagai bentuk profesi yang dikomersialisasikan dan informan yang lain menganggap pendakwah saat ini hampir tidak ada bedanya dengan selebritis meski masih ada beberapa yang menjalankan tugasnya dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 300 Social Sciences 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 03:22 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 04:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/976 |
Actions (login required)
View Item |